.quickedit { display:none; }

Tinggal pilih entri yang kamu suka

Tuesday, January 29, 2013

Alasan Konyol Kenapa Aku Mau Ikut Bisnis


Awalnya aku enggak suka diajak bisnis MLM. Setiap kali aku diajak aku selalu nolak. Dulu pemikiranku bisnis MLM itu sungguh enggak masuk akal. Terus aku berpikir kalau mana mungkin orang yang ikut bisnis bisa menghasilkan uang berjuta-juta tiap bulan dengan goyang kaki di rumah. Mungkin aja bisnis MLM itu haram. Pertama kali aku kenal bisnis itu namanya bisnis X (samaran, bukan bisnis yang kujalani sekarang). Aku pernah juga ikut pertemuannya. Waktu aku kumpul bareng dengan orang-orang sukses yang gajinya mencapai puluhan juta rupiah tiap bulan, aku enggak percaya. Nah, pertanyaan yang timbul waktu itu, “Kok bisa dapat segitu ya? Masa’ iya? Nanti mereka bohong lagi. Mana mungkin!” itulah pertanyaan yang selalu timbul. Nah, sekarang aku jadi tahu bisnis MLM itu seperti apa.


Semester lima ini aku punya banyak waktu senggang. Masuk kuliah jam setengah tiga, pulangnya hampir jam enam sore. Kebetulan kesibukanku waktu itu cuma kuliah dan berorganisasi. Di organisasi juga aku enggak terlalu aktif karena aku enggak mendalami divisiku kala itu, “kali ni aku benar-benar minta maaf deh sama organisasi tercintaku”. Setiap kali ada waktu senggang, paling-paling aku mengisinya dengan mengkhayal. Khayalin sesuatu yang enggak penting yang bisa buat galau. Kadang nangis, kadang juga ssenyum-senyum sendiri kalau ingat itu. Lama kelamaan aku bingung. Aku bosan dengan kegiatanku yang itu-itu aja. Rasanya waktuku terbuang sia-sia. Coba bayangkan Allah memberikan waktu 24 jam sehari, masa’ kita sebagai hambanya Cuma ngabisin waktu dengan melakukan hal-hal yang enggak penting?. Entah kenapa waktu itu aku bisa kepikiran ikut bisnis Oriflamenya Mbak Ani, tetangga sebelah kosku. Padahal waktu itu dia sama sekali enggak ngajak aku bisnis. Tanpa pikir panjang lagi aku langsung kirim sesuatu ke dinding Fbnya Mbak Ani. Dan beberapa menit kemudian Mbak Ani nelpon aku. Yang buat aku senang lagi, dia sangat antusias melihat aku pengen join bisnisnya.


Kalau dipikir-pikir bisnisku ini keren banget. Untuk gabung aja cuma menguras 39900 rupiah, aktif deh jadi konsultan. Ini bisnis MLM yang cuma butuh modal dikit. Enggak sampek jual rumah deh. Setelah aku jalanin selama satu minggu, modalku kembali. Di akhir bulan aku bisa beli baju dengan hasil usahaku sendiri. Lumayankan? Padahal waktu itu aku enggak serius kali jalanin bisnis ini. Aku masuk bisnis ini pada bulan Oktober, dan bulan November, aku udah dapat hadiah dari Oriflame karena mencapai penjualan 100 bp. Aku dapat handbody yang harganya 149000 rupiah. Lumayan dapat handbody gratis. Ternyata ada benernya, harga barang berbanding lurus dengan kualitas barang. Baru kali ini aku pake produk yang buat aku nyaman banget. Berasa dimanjain tiap hari oleh Oriflame.


Oke deh lanjut ke alasan-alasan yang lain. Memang alasanku ternyata konyol banget, ikut bisnis hanya untuk mengisi waktu luang. Lama kelamaan alasan-alasan itu bermetamorfosis. Sekarang kalau ditanya orang-orang kenapa mau ikut bisnis Oriflame di BCN ini, aku bakalan jawab, bisnis ini untuk investasi masa depanku. Kita hidup bukan untuk sekarang aja tapi untuk masa depan. Umurku sekarang udah 20 tahun. Umur yang hampir matang untuk menikah. Targetku, aku menikah sebelum usia 25 tahun. Sejujurnya, aku bukanlah anak orang kaya atau anak konglomerat. Ayahku hanya seorang guru di salah satu sekolah SMA Swasta yang ada di Berandan. Aku juga punya adik yang sekarang masih sekolah kelas enam SD. Dan untuk beberapa tahun kemudian adikku butuh biaya besar. Semakin hari, orang tuaku semakin tua. Beberapa tahun lagi ayah udah pensiun dari kerjaannya. Ibuku hanyalah seorang ibu rumah tangga. Memang aku punya abang yang sekarang sudah bekerja di salah satu mall Pekan Baru yang gajinya lumayanlah. Tiap bulan bisa ngasi duit. Alhamdulillah kebutuhanku tercukupi. Tapi apa mungkin selamanya akan terus begitu? Enggak kan? Waktu terus berjalan. Di masa depan nantinya, aku harus membalas semua jasa-jasa orangtua dan abangku walaupun aku tahu itu semua tidak dapat terbalaskan. Biaya sekolah adikku bakalan menjadi tanggungjawabku. Oke, kalau nanti aku menikah. Suamiku yang nantinya akan memenuhi kebutuhanku. Tapi suamiku tidak berkewajiban untuk memenuhi kebutuhan keluargaku, iya kan? Belum tentu aku dapat suami orang kaya. Kalau sebaliknya gimana? Tidak mungkin terus berpangku tangan pada suami. Makanya sejak sekarang aku bergabung dan meniti karir di BCN Orifame ini. Hitung-hitung untuk investasi masa depan. Bisa bantu suami dan bantu keluargaku.


Yeah, aku tahu, aku ini hanya seorang wanita yang kalau sudah menikah nanti kewajibanku itu hanya mengurus suami dan anak. Untung-untung kalau suami udah memenuhi semua kebutuhanku, kalau belum atau kalau udah tapi pas-pasan dan enggak bisa bantu keluarga gimana? Mau enggak mau aku harus kerja bantu suami memenuhi kebutuhanku dan anakku. Alhamdulillah, Allah mengabulkan doaku untuk tetap bisa kuliah. Aku mengambil jurusan Pendidikan Bahasa Iggris di IAIN SU. Masa depanku sudah jelas-jelas jadi guru. Tapi apa selamanya aku bakalan jadi guru terus? Pagi udah pergi ke sekolah untuk mengajar. Paling lambat jam dua siang baru pulang. Terus siapa donk yang masak di rumah? Kalau suami dan anakku pulang, aku enggak ada di rumah gimana donk? Kan kasian mereka. Enggak selamanya aku bekerja terus-terusan di luar rumah. Maka dari itu aku masuk di BCN. Tinggal buka laptop, colok modem cukup udah bisa menjalani bisnis ini.


Seperti yang aku bilang tadi, bisnisku tidak menyita banyak waktu. Iseng-iseng buka FB udah bisa jalanin bisnis ini. Mau order barang, komplain, daftar cukup lewat internet dan barang datang dengan sendirinya ke rumah kita. Mudahkan? Jadi tenang deh Dinamikaku, walaupun aku udah ikut bisnis tapi tetap enggak menganggu waktuku buat kamu sayang.


Beberapa waktu lalu aku sempat ragu dengan bisnisku ini. Aku takut kalau produknya haram. Seandainya haram maka aku langsung keluar dari bisnis ini. Setelah aku searching ternyata produk oriflame halal. Walaupun enggak dapat sertifikat MUI (karena enggak diproduksi di Indonesia), produk ini halal karena tidak menggunakan babi dan anjing. Kalau masih enggak percaya silakan buka link ini http://seputar-kecantikan.blogspot.com/2012/01/produk-oriflame-halal.html.


Di BCN ini juga sering diadakan training lewat FB jadi aku enggak perlu khawatir lagi untuk pergi kesana kemari. Cukup menatap layar laptop aja deh. Banyak sekali manfaatnya. Setelah dipelajari, jenjang karir di bisnisku ini jelas. Bagi yang kerja, dia yang dapat duit. Bagi yang enggak kerja ya enggak dapat duit. Di bisnis ini juga aku mendapat pelajaran bahwa kalau sukses seindirian itu udah enggak zamannya, sekarang zaman sukses berjamaah. Jadi bagi kamu yang belum mau daftar terserah deh.


So, tunggu apa lagi, bagi yang pengen gabung tinggal buka aja link aku. Ini dia www.hilmah.tk. Well, sepertinya sampai di sini aja deh cuap-cuapku malam ini. Semoga mampu membuka mindset kita ya...

No comments:

Post a Comment

Terimakasih telah berkunjung ke blog saya ^_^

Salam Cahaya ^_^